Home » , , » NILAI HIDUP DALAM KERJASAMA

NILAI HIDUP DALAM KERJASAMA

NILAI HIDUP DALAM KERJASAMA
IPPMP-MS: "Saya yakin dengan langgengnya organisasi IPPMP-MS hingga saat ini, ada orang-orang hebat di organisasi ini yang memiliki mimpi yang baik serta  tujuan yang mulia, yaitu semoga IPPMP-MS bersinar ke depannya, mampu memberikan kontribusi yang besar dalam membentuk karakter yang baik bagi generasi muda asal Pangaribuan".

Karakter yang benar dan baik merupakan nilai yang sangat dibutuhkan dalam kelangsungan hidup manusia, berjiwa besar, semangat kepedulian, kejujuran dan kepentingan yang adil merupakan hal yang mulia untuk kelangsungan hidupnya. ketika masing-masing berperan aktif memikirkan kebajikan, saling menopang, mengingatkan kekurangan masing-masing dalam kasih dan kelemahlebutan akan tercipta ekosistem yang damai.

Ketika dalam sebuah komunitas baik keluarga ataupun organisasi terdapat anggota yang mempunyai sebuah tujuan tersendiri akan menyebabkan terhambatnya bahkan hancurnya sebuah organisasi cepat ataupun lambat. sebagai manusia yang percaya kepada Tuhan, kita semua diberikan akal budi yang baik sehingga kita bisa membedakan hal yang baik dan benar, walau faktor lingkungan sekitar, kondisi seseorang,  memiliki peranan yang kuat untuk melemahkan prinsip kebenaran seseorang. untuk itulah kita perlu selalu menanamkan nilai kebenaran ajaran agama dalam hidup sehingga ketika pikiran mulai berbelok kita bisa cepat menyadari dan bangkit dari jalan menuju keterpurukan ataupun ketidakbenaran.

Dalam sebuah organisasi bisnis, mustahil bisa mencapai tujuan ataupun targetnya tanpa adanya kerjasama team yang baik dan solid. untuk itu peranan setiap anggota masing-masing sangat berarti dalam pencapaian tujuannya, tidak perlu merasa sudah memberikan kontribusi paling banyak dalam suatu organisasi, semua memiliki peranan yang bermanfaat karena hal baik sekecil apapun bisa membawa perubahaan yang besar dalam pencapaian suatu tujuan.  karena itu setiap orang sangat bernilai pekerjaan apapun yang dilakukan sejauh pekerjaan itu dilakukan untuk tujuan yang benar dan di jalan yang benar. merasa kecil hati karena melakukan pekerjaan yang kecil bahkan dianggap sepele adalah wujud dari kurangnya pengakuan dan penghargaan terhadap diri sendiri dan mengurangi makna bersyukur.  

Sebaliknya jika seseorang memiliki peranan ataupun kontribusi yang lebih banyak daripada orang lain selayaknyalah tetap memiliki jiwa besar dan kerendah hatian untuk tetap menghargai partnernya dlm sebuah organisasi, dengan komunikasi yang terbuka, kejujuran dan sikap respek terhadap orang lain akan mewujudkan suasana yang baik dan damai. berbagi dengan adil dan selalu memikirkan sesama individu akan memicu semangat dan komitmen masing-masing. sebut saja warga suku Tionghoa yang nyatanya memiliki rasa persatuan dan kekeluargaan yang solid menjadikan mereka orang-orang yang cepat maju, tangguh di bidang manapun. dalam contoh keluarganya jika ada sebuah anggota keluarga yang mempunyai kondisi ekonomi yang minim, maka antara kerabat keluarganya, komunitasnya akan saling membantu untuk memperjuangkan yg tidak mampu tersebut. walau secara terang-terangan jikalau sudah bisa berhasil nantinya akan tetap mengembalikan biaya bantuan dari kerabatnya tersebut.  menanamkan sifat kebersamaan, kepedulian menjadikan mereka efisien dalam mencapai tujuannya.

Memang untuk mengerti dan memaklumi kekurangan orang lain bukanlah hal yang mudah, ketika orang lain memiliki pandangan yang berbeda, memiliki karakter yang tidak baik, cenderung mementingkan diri sendiri, dapat menghambat pertumbuhan sebuah komunitas, karena tenaga, pikiran dan waktu akan terkuras untuk menyelesaikan dan membicarakan, mencari solusi dari pertentangan-pertentangan kepribadian antar individu. untuk itulah harus ditetapkan tujuan yang jelas, visi dan misi yang bisa menjadi acuan dan pandangan masing-masing anggota organisasi. perlu mengadakan review dan refresh tujuan semula secara terjadwal,bertahap dan kontinue. dalam hal ini dibutuhkan pemimpin yang berjiwa besar, bijaksana dan selalu pro pada kedamaian tetapi juga tegas dan lembut (pengasih). mencari orang yang ideal adalah sebuah kemustahilan di dunia ini, masing-masing individu memiliki kekurangan dan kelebihannya yang bisa saling mengingatkan, melengkapi dan saling perduli akan kemajuan masing-masing secara adil dan jujur. menghiraukan hal-hal yang negatif serta menonjolkan/meningkatkan hal-hal yang positif adalah bagian dari kunci survive sebuah organisasi. kita sangat bangga sebagai orang batak dengan kata-kata : 'marpanganju, marsiadapari, masiamin-aminan songon suhat di robean' sangat indah.

Akhir kata semoga IPPMP-MS semakin sukses, sehat dan selalu semangat hidup dimanapun berada.
Tuhan memberkati

Salam
HTS
Parjalangnasusahdopedabah;-)


0 komentar:

Post a Comment

Twitter Group IPPMP-MS